Kenakan Pakaian Adat Sangihe, Wagub Kandouw Ikut Menari Ampa Wayer dan Masamper

Berita Utama, Sulut309 Dilihat

Topiksulut.com,Sangihe– Salah satu momen menarik saat pelaksanaan upacara Adat Tulude oleh Pemkab dan masyarakat Sangihe, adalah tradisi menari empat wayer serta masamper yang menjadi karifan lokal. Begitu pun pada prosesi adat yang berlangsung Selasa 31 Januari 2023 malam di Pendopo Rudis Bupati Sangihe di Tahuna.

Usai prosesi adat Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw bersama Penjabat Bupati dr Rinny Tamuntuan dan suaminya dr Andy Silangen, membaur bersama warga menari empat wayer serta masamper.

Wagub Kandouw yang mengenakan pakaian adat Sangihe, tampak bersemangat dan energik melakukan tarian empat wayer serta masamper,”imbaunya.

Upaya adat yang digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sangihe di Tahuna tesebut dirangkaikan dengan Perayaan HUT ke 598 Kabupaten tersebut.
Wagub Kandouw yang didampingi Penjabat Bupati Sangihe dr Rinny Tamuntuan dan suami juga Ketua DPRD Sulut dr Andi Silangen itu, mengikuti acara dengan khidmat dan khusyuk.

Upacara ikut dimeriahkan sejumlah pagelaran kebudayaan asli suku Sangihe seperti Tarian Adat, Lagu-lagu Adat, Pemotongan Tamo (kue adat) dan Musik Bambu.  Meski di tengah guyuran hujan, tidak mengurung niat masyarakat untuk dapat menyaksikan secara langsung acara adat yang hanya bisa disaksikan setahun sekali ini. 

Mewakili sambutan Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw menyampaikan sejumlah ikhwal untuk resolusi di tahun 2023 ini. 

Wagub Steven Kandouw pada pembukaan sambutan memberikan selamat kepada Pemkab dan masyarakat Sangihe atas pelaksanaan perayaan acara adat Tulude sekaligus peringatan HUT ini. 

“Atas nama bapak gubernur, atas nama pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, masyarakat Sulawesi Utara, dari Miangas sampai di Pinogaluman mengucapkan banyak selamat kepada pemerintah dan masyarakat Kepulauan Sangihe,” ucap Wagub Kandouw.

“Untuk itu mari kita duduk bersama dengan visi yang sama untuk masa depan Kepulauan Sangihe yang kita cintai ini,” sambung wagub menutup sambutan yang diiringi deru tepuk tangan para tamu undangan. 


Perlu diketahui, perayaan adat Tulude dan HUT Kabupaten Kepulauan Sangihe turut dihadiri oleh Ketua DPRD Sulut Fransiskus Silangen, Penjabat Bupati Sangihe dr Riny Tamuntuan, sejumlah kepala daerah, jajaran Pemprov Sulut dan Sangihe serta masyarakat.

(Advetorial Dinas Komunikasi dan Informatika Prov.Sulut)