Apel Siaga Panwaslu dan Instruksi Dandim 1302/Minahasa

Berita, Minahasa312 Dilihat

TopikSulut.com

MINAHASA – Tahapan awal pemilu telah dimulai, dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) telah memulai persiapan dengan menggelar Apel Siaga pengawasan tahapan kampanye di seluruh wilayah pada Selasa, 28 November 2023, pukul 07.00 WITA.

Sejumlah Satuan Jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 1302/Minahasa, termasuk beberapa Koramil, ikut serta dalam apel tersebut untuk memastikan kelancaran pelaksanaan pemilu.

Dalam situasi terpisah, Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1302/Minahasa, Letnan Kolonel Inf Mutakbir, memberikan instruksi kepada seluruh jajarannya yang berada di tiga kabupaten dan satu kota, yakni Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), serta Kota Tomohon.

Dandim menekankan pentingnya peningkatan kewaspadaan dalam menjaga keamanan selama masa kampanye hingga hari pemungutan suara.

Dalam arahannya, Letkol Inf Mutakbir menyoroti kolaborasi antara TNI, Kepolisian, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), dan aparat terkait lainnya.

Ia menegaskan perlunya pelaksanaan tugas pengamanan pemilu dengan baik, koordinasi yang mantap di lapangan, serta menjaga sinergitas untuk memberikan jaminan keamanan dari masa kampanye hingga pemungutan suara.

Dandim menegaskan netralitas aparat TNI dan memperingatkan anggota TNI agar tidak terlibat dalam politik praktis. Ia menekankan bahwa sebagai aparat TNI, netralitas harus dijaga, dan pelanggaran terhadap hal ini akan dikenai sanksi berat.

#J.Rumimpunu