Ketua TP-PKK Minahasa Ungkap Strategi Cerdas dalam Menangani Stunting: Melibatkan Masyarakat Serta Fokus pada Aspek Ekonomi dan Kesehatan

Berita, Minahasa254 Dilihat

TopikSulut.com

MINAHASA – Ketua TP-PKK Minahasa, Djeneke Kumendong-Onibala, SH, MSA, pada hari Selasa di Hotel Mercure, memaparkan berbagai strategi TP-PKK untuk mempercepat penurunan stunting di Minahasa. Selasa, (28/11/2023).

Dalam Forum Group Discussion (FGD) Percepatan Penurunan Stunting, yang dihadiri oleh para Camat, Hukum Tua, dan perangkat desa, Djeneke menyoroti langkah keswadayaan PKK.

Ini mencakup keterlibatan dalam perencanaan dan pelaksanaan program, pemantauan serta pengendalian proses kegiatan, serta partisipasi dalam penilaian hasil program pencegahan stunting.

Djeneke menegaskan bahwa program PKK menyesuaikan diri dengan sepuluh program pokok gubernur, menjadikannya lebih tajam dan dapat diaplikasikan secara efektif di lapangan.

Dalam penanganan stunting langsung, fokusnya adalah mengawal perencanaan penggunaan dana desa, terlibat dalam penentuan anggaran di berbagai tingkat pemerintahan, serta memastikan pelayanan kesehatan yang memadai bagi ibu hamil.

Sementara dalam penanganan tidak langsung, TP-PKK Minahasa berupaya memastikan semua warga tercatat dalam dokumen kependudukan, mengawal ketersediaan pangan di rumah tangga, dan meningkatkan perekonomian melalui pengembangan UMKM di desa.

Upaya lainnya mencakup peningkatan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), pengembangan koperasi, pencegahan trafficking, pernikahan dini, dan pembinaan usaha kecil dalam rumah tangga.

Selain itu, TP-PKK Minahasa berkomitmen untuk mengembangkan lingkungan bersih, sehat, serta rumah yang layak huni, termasuk program jambanisasi.

#J.Rumimpunu