Upaya Peningkatan Kesadaran Kebangsaan: Sekda Minahasa Ajak Generasi Muda Terlibat dalam Sosialisasi Ideologi Pancasila

Berita, Minahasa239 Dilihat

TopikSulut.com

MINAHASA – Pada Sosialisasi Penguatan Ideologi Pancasila dan Karakter Kebangsaan di Pusgiat Tondano, Selasa (28/11/23), Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa, Dr. Lynda D. Watania MM MSi, mengungkapkan keprihatinannya terhadap kurangnya pemahaman wawasan kebangsaan di kalangan generasi muda. Watania menekankan perlunya memberikan pemahaman lebih mendalam agar generasi muda menjadi benteng kokoh terhadap dampak negatif perkembangan teknologi dan informasi.

“Pentingnya pemahaman wawasan kebangsaan sebagai landasan solid melawan pengaruh negatif dari perkembangan teknologi dan informasi tidak boleh diabaikan,” ungkap Watania.

Watania menyoroti bahwa setiap generasi muda perlu memperoleh pengetahuan, mengembangkan karakter, dan memahami demokrasi sebagai pondasi utama untuk membentuk warga negara yang berkualitas dan bertanggung jawab.

“Perkataan, pengajaran, dan keteladanan dalam membimbing generasi muda memiliki peran sentral. Tidak ada tugas yang lebih penting daripada mengembangkan warga negara yang efektif dan terdidik,” tambahnya.

Sekda Minahasa menjelaskan bahwa pemahaman wawasan kebangsaan mencakup pandangan bangsa tentang diri dan lingkungan, yang didasarkan pada falsafah cita-cita dan tujuan nasional. Sayangnya, pemahaman ini masih minim di kalangan generasi muda.

Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan semangat nasionalisme, kesadaran berbangsa dan bernegara, serta nilai-nilai patriotisme pada generasi muda dan pelajar di Kabupaten Minahasa.

“Dalam perspektif generasi milenial, generasi muda dapat melihat Pancasila dari nilai guna dan manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Watania menegaskan bahwa aktualisasi Pancasila membutuhkan cara dan metode yang berbeda, khususnya mengingat generasi milenial akan menduduki posisi kepemimpinan pada era “Indonesia Emas” tahun 2045.

“Tugas besar kita saat ini adalah menerjemahkan Pancasila sebagai pedoman bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, sebagaimana dicontohkan oleh leluhur dan pemimpin bangsa,” pungkas Watania.

Kegiatan ini dikelola oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Minahasa dan dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kaban Kesbangpol Minahasa, Ir. Yanni Moniung, yang mewakili instansi terkait dan peserta generasi muda.

#J.Rumimpunu