Pemkab Minahasa Memperingati Hari Guru Nasional dan Hut Korpri ke-52 Tahun 2023 dengan Peluncuran Program Pendidikan Guru Penggerak

Berita, Minahasa308 Dilihat

TopikSulut.com

MINAHASA – Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa menggelar upacara megah untuk memperingati Hari Guru Nasional (HGN) dan Hut Korpri ke-52 tahun 2023. Upacara yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati dipimpin oleh Penjabat Bupati Minahasa, Dr. Jemmy Stani Kumendong MSi. Rabu (29/11/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Penjabat Bupati menjadi pembina upacara dan membacakan sambutan dari Mendikbudristek, Nadiem Makarim, serta Ketua Umum Korpri, Prof Dr. Zudan Arif Fakrulloh SH MH. Mendikbudristek menyampaikan bahwa platform Merdeka Mengajar telah memperluas ruang belajar dan berbagi antar-guru di seluruh Indonesia, memungkinkan jutaan guru saling terhubung dan menginspirasi satu sama lain.

Makarim juga mengumumkan peluncuran Pendidikan Guru Penggerak sebagai terobosan besar untuk mendukung lahirnya generasi guru yang mampu memimpin perubahan nyata. Dia juga menyatakan kebahagiannya karena mendekati target satu juta guru ASN PPPK, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan para pendidik.

Pj Bupati Jemmy Kumendong kemudian membacakan sambutan Ketua Umum Korpri, yang menegaskan pentingnya Hut Korpri ke-52 sebagai momentum untuk memperkuat peran Korpri sebagai penguat NKRI dan pelindung ASN. Ketua Umum juga mengapresiasi dedikasi para ASN dalam mengatasi pandemi Covid-19, mengendalikan inflasi, dan menangani stunting.

Menyinggung netralitas ASN saat pemilu dan pilkada 2024, Ketua Umum Korpri meyakinkan bahwa organisasi tersebut sudah terlatih untuk tetap netral dan tegak lurus dengan Negara, Pancasila, dan UUD 1945.

Acara ditutup dengan penyerahan sertifikat apresiasi kepada kepala sekolah, pengawas sekolah, dan tenaga kependidikan kategori inovatif tahun 2023 oleh Pj Bupati Jemmy Kumendong. Acara dihadiri oleh perwakilan Forkopimda, Sekda Dr. Lynda Watania MM MSi, asisten, kepala OPD, guru, dan jajaran Pemkab Minahasa.

#J.Rumimpunu