Pemkab Minahasa Gelar Forum Konsultasi Publik RPJPD Kabupaten Tahun 2025-2045

Berita, Minahasa212 Dilihat

TopikSulut.com

MINAHASA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa melalui Bapelitbangda Minahasa sukses menggelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Minahasa Tahun 2025-2045.

Acara yang berlangsung di Mercure Hotel, Tateli Minahasa, dibuka oleh Penjabat Bupati Minahasa, DR Jemmy Stany Kumendong, M.Si. Selasa, (05/12/2023).

Kegiatan dimulai dengan laporan dari Kepala Bapelitbangda Minahasa, diwakili oleh Kabid Statistik Bapelitbangda Minahasa, Jenny Manorek SP, M.Si. Manorek.

“Bahwa kegiatan ini didasari oleh Permendagri no 86 tahun 2017, yang mengatur tata cara perencanaan, pengendalian, dan evaluasi pembangunan daerah,” jelas Manorek.

Bupati Kumendong menyampaikan pentingnya RPJPD sebagai dokumen visi dan misi daerah selama 20 tahun ke depan.

“Ini merupakan tahapan untuk membahas dokumen perencanaan pembangunan makro,” ujarnya. Kumendong juga berharap dukungan dari berbagai pemangku kepentingan dan mengajak peserta untuk mendalami substansi RPJPD.

Turut hadir dalam kegiatan ini berbagai instansi terkait, seperti Ditjen Bina Bangda Kemendagri, Perwakilan Bappeda Provinsi Sulawesi Utara, Direktur IPDN Sulut, serta sejumlah kepala dinas dan camat.

Masyarakat dan tokoh agama juga turut ambil bagian, menunjukkan partisipasi yang luas dalam menyusun rencana pembangunan Minahasa untuk dua dekade ke depan.

#J.Rumimpunu