Diduga Dikerjakan Asal Jadi, Proyek Jalan Kaweng-Kayuwatu Sudah Rusak.

TopikSulut.com,Minahasa – Baru seumur jagung proyek preservasi jalan SPT Kaweng – Kayuwatu sudah mulai rusak. Proyek yang baru selesai dikerjakan setahun yang lalu oleh Dinas Pekerjaan Umum & Penataan ruang Kabupaten Minahasa tersebut , menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) berbandrol 4,4 Milliar lebih tersebut dinilai dikerjakan secara asal jadi oleh pihak pelaksana CV. Karya Mandiri Perkasa.

Nadea Sorongan warga Desa Kayuwatu Kabupaten Minahasa mengkritisi jalan yang belum genap setahun dikerjakan sudah rusak disejumlah ruas. Dirinya mengatakan di sejumlah ruas jalan sudah terdapat retak pada aspal serta lubang.

“Hampir disejumlah ruas terdapat retak pada aspal dan berlubang. Bahkan ada disejumlah ruas terjadi penurunan pada base jalan, saya menduga pihak kontraktor mengunakan kualitas material rendah untuk mendapatkan keuntungan dengan mengorbankan kualitas jalan tersebut,” ujar Nadea

Baca juga:  Awal Tahun 2019, Kota Manado akan Berlakukan Tilang Elektronik


Senada dengan Nadea, Deni Muaya warga desa Kaweng juga menyoroti ketebalan rabat beton yang dinilai tidak sesuai dengan spesifikasi. Dirinya menyayangkan Proyek yang menggunakan dana DAK yang besar yang digunakan untuk infrastruktur jalan dikerjakan secara asal jadi oleh pihak pelaksana.

“Bisa dipastikan jalan yang jalan ini tidak akan bertahan lama,” kata Deni seraya mempertanyakan kinerja dari Dinas PUPR Kabupaten Minahasa dalam mengawasi proyek yang menggunakan uang negara dengan sangat besar tersebut.


Sekedar diketahui saat menerima laporan dari warga tersebut, Tim investigasi media TopikSulut.com  langsung turun di lokasi dan mengecek langsung hasil laporan dari sejumlah warga.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Kabupaten Minahasa Daudson Rombon, ST saat dikonfirmasi terkait masalah ini melalui whatsapp, enggan memberikan penjelasan dan malah lempar bola ke Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) untuk mendapatkan klarifikasi.

Baca juga:  Dukung Germas, Gubernur Ajak Seluruh Warga Sulut

“tks utk infonya. Nanti boleh langsung konfirmasi dgn PPK,” kata Rombon. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *