Diterima Wawali Bitung, Tim Penilai Kota Sehat Pusat Tinjau Sejumlah Titik

Berita Utama, Bitung134 Dilihat

TopikSulut,Bitung- Wakil Wali Kota Bitung Ir. Maurits Mantiri, Senin (18/9) menerima Tim Penilai Kota Sehat, dari Kementrian Kesehatan RI, di ruang rapat Kantor Wakil Wali Kota Bitung.
Dalam kesempatan itu, Mantiri menjelaskan kepada tim penilai Kota sehat bahwa, keberadaan kota Bitung saat ini ketambahan satu tatanan, yaitu tatanan pertambangan sehat yang merupakan tatanan baru dan merupakan inovasi untuk tahun ini dalam menunjang Kota Sehat.
“Saat ini kota Bitung ketambahan satu tatanan, yaitu tatanan pertambangan sehat, dan ini merupakan tatanan baru yang merupakan inovasi untuk tahun ini dalam menunjang kota sehat, dan kami juga memiliki sejumlah program yang bertujuan untuk menunjang Kota Sehat seperti MaMa perkasa dan program kesehatan lainnya,” jelas Mantiri yang didampingi Sekretaris Daerah Kota Bitung Drs. Audy Pangemanan.
Lanjut Mantiri, kota Bitung sudah sangat siap untuk dinilai mengingat predikat Kota Sehat bukan baru kali ini diraih, tapi sudah tujuh kali berturut-turut, oleh karena itu Pemerintah Kota Bitung sudah siap untuk dinilai oleh tim penilai Kota Sehat.
Sementara itu, Adelina mewakili Direktorat Kesehatan Lingkungan Hidup memberikan apresiasi kepada Pemkot Bitung yang telah menyambut dengan baik atas kedatangan Tim Penilai Kota Sehat.
“Tentunya kami sangat berterimah kasih kepada Pemkot Bitung yang sudah menyambut dengan baik. Tujuan kedatangan kami untuk turun lapangan karena system penilaian tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni penilaian saat ini dilakukan berdasarkan dokumen yang dikirimkan kepada kami dan dokumen yang dikirim Pemkot Bitung telah memenuhi syarat untuk dilakukan penilaian. Semoga apa yang tertera di dokumen yang telah kami terima sesuai dengan kondisi di lapangan selama penilaian dilaksanakan,“ katanya.
Usai bertemu Wawali, tim didampingi Kadis kesehatan, Dr Frangky Soriton dan jajaran Dinas kesehatan, sertz pengurus Forum Kota Sehat Bitung, melakukan peninjauan disejumlah titik diantaranya, TPA Aertembaga, Kelurahan Girian Bawah, Kecamatan Madidir, Hutan Kota Danowudu, dan Kelurahan Tendeki.
“Sesuai jadwal, Selasa 19 September besok, tim masih akan turun lapangan. Bahkan salah satu Direektur di Kementrian Kesehatan di pastikan akan hadir,” kata Soriton didampingi sekretaris Dinas Kesehatan, Dr Lucky Kromo dan ketua FKS, Wilson Wonte, SPd. (hzq)

Baca juga:  Rekrut Tenaga Pendamping Koperasi, Diskop UMKM Sulut Siap Tekan Angka Kemiskinan