Ditandatangani Maa’ruf Amin Kota Tomohon Didaulat Kota Toleransi, CSWL Apresiasi Tokoh-tokoh Agama Tomohon

TOMOHON, topiksulut.com – Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H bersama Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, S.E. menghadiri Kegiatan Konferensi Nasional FKUB Ke-VI Se- Indonesia dan Pekan Kerukunan Internasional 2021 yang dilaksanakan di Convention Hall Hotel Sutan Raja di Minahasa Utara. 

Dalam kunjungan kerjanya ke Sulawesi Utara, Wakil Presiden RI membuka Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi Nasional (KONAS) Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) ke-6 se-Indonesia

Pada kegiatan ini Kota Tomohon ditetapkan sebagai Kota Toleransi Se- Indonesia yang ditandai dengan Penandatanganan Prasasti oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (H.C.) K.H. MA’RUF AMIN yang didampingi oleh Menteri Tenaga Kerja RI, Menteri Koperasi dan UKM RI, Sekjen Asosiasi FKUB, Gubernur Sulawesi Utara dan Walikota Tomohon

Menurut Wapres, dengan kondisi masyarakat Indonesia yang majemuk dan memiliki perbedaan latar belakang agama, suku, adat dan budaya, para pendiri bangsa (founding fathers) telah berhasil merumuskan Pancasila sebagai dasar negara yang merupakan kesepakatan (konsensus) nasional.

Lebih jauh Wapres mengungkapkan, hal ini dapat terwujud karena masing-masing pendiri negara memiliki rasa empati, toleran, dan tidak egois serta lebih mengedepankan kepentingan bersama dari pada kepentingan kelompoknya masing-masing.

“Sikap-sikap positif ini harus kita rawat, kita jaga, kita pelihara demi tetap berlangsungnya keutuhan bangsa dan negara Republik Indonesia yang harus kita wariskan kepada generasi sesudah kita khususnya kalangan milenial, generasi Z, dan generasi yang lebih belia lagi,” tegas Wapres.

Terkait hal ini, Wapres mencatat bahwa masyarakat Sulut mampu merawat keutuhan bangsa dengan meneruskan jejak para _founding fathers_ menumbuhkan nilai-nilai toleransi.

Untuk itu, Wapres menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada masyarakat Sulut yang telah berperan menciptakan kerukunan antar warga tanpa melihat latar belakang agama, suku, dan budaya.

“Saya bangga dengan masyarakat Sulawesi Utara yang selama ini dikenal sebagai masyarakat yang toleran,”puji Wapres.

Di akhir sambutannya, Wapres pun secara resmi mencanangkan Kota Tomohon sebagai Kota Toleransi.

“Akhirnya, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya nyatakan “Pekan Kerukunan Internasional Dan Konferensi Nasional FKUB KE-6 Se-Indonesia Tahun 2021” secara resmi dibuka, dan saya canangkan Kota Tomohon sebagai Kota Toleransi. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan pertolongan-Nya dan meridhoi setiap ikhtiar yang kita lakukan,” pungkas Wapres.

Walikota memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada tokoh-tokoh agama dan seluruh  masyarakat kota Tomohon yang bersinergi dengan Pemkot sehingga kota Tomohon boleh mendapat pengakuan sebagai kota toleransi se-indonesia yang dibuktikan dengan dicanangkannya kota tomohon sebagai kota toleransi oleh wakil presiden RI. 

walikota berharap kiranya kerukunan yang telah tercipta selama ini akan tetap dijaga dan lestarikan. Terima kasih kepada pemerintah pusat dan terima kasih kepada bapak wakil presiden yang telah mencanangkan kota Tomohon sebagai kota toleransi se-indonesia. (kim)

Tags:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *