ROR – RD Maksimalkan Sumber Daya Alam Minahasa

Berita, Minahasa287 Dilihat

TopikSulut.com
MINAHASA  – Bupati Minahasa Dr.Ir Royke Octavia Roring M.Si, IPU, ASEAN ENG (ROR) dan Wakil Bupati Minahasa DR (HC) Robby Dondokambey S.Si, M.M, MAP (RD) melalui Asisten II Pemkab Minahasa Ir Wenny Talumewo MSi saat ditemui awak media TopikSulut.com di ruang kerjanya mengatakan,

“Bupati dan Wabup Minahasa ROR-RD akan memaksimalkan potensi Pariwisata, dan pendapatan Daerah melalui sumber daya alam,” kata Talumewo. Rabu (05/07/2023).

Adapun upaya yang dilakukan berupa bantuan alat kesehatan, air, pertanian, perikanan, yang akan diefektifkan semuanya melalui pendapatan daerah sekaligus bidang pariwisata sebagai bagian dari promosi daerah tujuan wisata.

“Kalau daerah Likupang potensi superioritas Pariwisata adalah lautnya, di Minahasa kita siapkan keindahan panorama gunung dan danau sebagai penyangga superioritas pariwisata di Likupang,” sebut Asisten II.

Baca juga:  Peninjauan Persiapan Launching Digital ID, Ini yang Diharapkan Sekda Watania

Lanjutnya, Artinya kalau wisatawan sudah menikmati keindahan wisata laut, mereka bisa melanjutkan kunjungan ke wisata gunung dan danau.

“Target pengembangan pertama adalah akan memaksimalkan kawasan wisata danau Tondano sebagai tujuan wisata prioritas di Kabupaten Minahasa,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, Kemudian dari segi Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan lebih dimaksimalkan dan ditingkatkan dari tahun kemarin yang sebelumnya Kabupaten Minahasa telah menerima penghargaan atas capaian dalam peningkatan PAD.

“Imbauan Pemerintah kepada masyarakat dan stakeholder terutama pegiat pariwisata agar kiranya bersama dengan pemerintah membangkitkan, mengembangkan, dan meningkatkan sektor pariwisata di tanah Minahasa,” punkas Asisten II Wenny Talumewo.

Beberapa langkah ROR – RD dalam maksimalkan potensi sumber daya alam di Kabupaten Minahasa:
Perencanaan yang baik dalam pengelolaan sumber daya alam,
Pengembangan sektor pertanian seperti irigasi dan jalan usaha tani;
Peningkatan sektor perikanan seperti pemberian pelatihan dan pemberdayaan kelompok nelayan;
Pembangunan pariwisata berkelanjutan dengan pengelolaan destinasi pariwisata, memanfaatkan potensi budaya, serta mengedepankan ekowisata yang ramah lingkungan;
Promosi investasi terutama di sektor-sektor yang berhubungan dengan sumber daya alam untuk menciptakan lapangan kerja baru guna meningkatkan pendapatan masyarakat serta mengoptimalkan manfaat dari sumber daya alam itu;
Pelestarian lingkungan seperti penghijauan, pengelolaan sampah yang baik, serta perlindungan terhadap hutan dan lahan gambut. Ini akan mencegah kerusakan lingkungan.

Baca juga:  Penyerahan Satu Unit Tractor Oleh Wabup Dondokambey Untuk Desa Poopo

Dengan demikian Bupati Roring dan wabup Dondokambey dapat maksimalkan potensi sumber daya alam dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *