Bupati Kumendong Serukan Tanggung Jawab Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan untuk Pilkada 2024

Berita, Minahasa225 Dilihat

 

TopikSulut.com

MINAHASA – Bupati Minahasa, Dr. Jemmy Stani Kumendong MSi, menghadiri acara penting pelantikan dan pengambilan sumpah janji panitia pengawas pemilu kecamatan, dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Acara berlangsung di Mercure Hotel Manado dan dihadiri oleh sejumlah tokoh penting terkait dengan proses pemilu. Jumat (24/05/2024)

Dalam sambutannya, Bupati Jemmy Kumendong mengucapkan selamat kepada 75 anggota panitia pemilu kecamatan se Kabupaten Minahasa yang telah dilantik sebagai anggota Panwascam pemilihan pilkada 2024.

Ia menegaskan bahwa tugas yang diemban merupakan amanah yang mulia dan penuh tanggung jawab.

“Tugas yang akan diemban ini, adalah tugas yang mulia dan penuh tanggung jawab. Karena, sebagai pengawas pemilu, panwascam memiliki peran penting dalam memastikan pelaksanaan pemilu yang jujur, adil, dan demokratis di wilayah masing-masing,” katanya.

Bupati Kumendong juga menyoroti pentingnya menjaga integritas dan kredibilitas dalam proses pemilu, yang merupakan salah satu pilar utama dalam sistem demokrasi.

Baca juga:  Optimalisasi Peran Bunda Pendamping Keluarga Dalam Percepatan Penurunan Stunting di Minahasa

Ia berharap bahwa dengan dilantiknya 75 panwascam se Kabupaten Minahasa, proses demokrasi dapat berjalan sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku.

“Saya berharap, dengan dilantiknya 75 panwascam se Kabupaten Minahasa, kita dapat bersama-sama menjaga proses demokrasi ini agar berjalan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku,” pesannya.

Pada kesempatan itu, Bupati Kumendong juga mengingatkan bahwa pelantikan ini bukanlah hanya seremonial semata, melainkan awal dari tanggung jawab besar yang diemban oleh panwascam.

Ia menekankan pentingnya menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, keadilan, dan profesionalitas dalam menjalankan tugas pengawasan.

“Saya ingatkan agar dalam melaksanakan tugas nanti, panwascam selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, keadilan, dan profesionalitas. Berpegang teguhlah pada prinsip-prinsip pengawasan yang objektif, transparan, dan akuntabel,” kata Kumendong.

Selain itu, Bupati juga menekankan pentingnya sinergi dan koordinasi antara panwaslu kecamatan dengan berbagai pihak terkait, seperti KPU, pemerintah daerah, aparat keamanan, dan masyarakat.

Baca juga:  Bupati Minahasa Jemmy Kumendong Keluarkan Surat Edaran Tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk turut aktif dalam mengawasi jalannya pemilu, karena partisipasi aktif masyarakat merupakan kunci suksesnya pelaksanaan pemilu yang berkualitas.

Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah tokoh penting dalam proses pemilu, antara lain Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulut, Donny Rumagit, Ketua Bawaslu Minahasa, Lord Arthur Malonda, serta pimpinan Bawaslu dan perwakilan Kapolres dan Kajari Minahasa.

#J.R

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *